Breaking News

Cara Belanja E-Commerce Aman


Hal yang menjadi populer dari zaman internet seperti sekarang adalah berbelanja, terutama di kota yang besar. Sekarang ini banyak sekali situs situs e-commerce yang bisa kita pakai lewat gawai kita, seperti mape mall dan situs situs lainnya. Banyak kelebihan dari berbelandja online, namun tetap bahaya mengintai mereka yang gemar berbelanja lewat internet ini. Resiko yang terjadi adalah situs anda yang bisa bisa dibobol maling, termasuk data Anda jika mempunyai akun disana. Hal inilah mengapa harus berhati-hati saat berbelanka online. Memang tanggung jawab keamanan situs ada di pundak pemiliknya, tetapi kita selaku penggun situs tidak lantas bisa berpangku tangan. Kewaspadaan tetap saja dibutuhkan, terlebih untuk mereka yang terlalu yakin cara berbelanja onlie mereka aman. Tidak fokus pada harganya yang murah saja. 

Di ranah Internet, tidak ada yang bisa menjamin resiko atau memastikan segalanya bisa aman. Ancaman ornag orang yang bertanggung jawab di internter tetap ada. Dalam hal ini, kita harus ekstra waspada terhadap seller yang berniat menipu. Karena berbelanja online berbeda dengan berbelanja di pasar ataupun supermarket. Kita tidak bisa melihat seller gak bisa menyentuh barangnya apalagi maksudnya. Jadi dibawah ini adan beberapa tips untuk berbelanja online di situs jual beli atau situs e-commerce. 

Ketahui Situsnya
Seperti yang kita ketahu sekarang ini sudah banyak piliha situs e-commerce, jual beli atau marketplace. Ada baiknya memilih situs yang sudah punya nama. Memang, situs yang baru lahir belum tentu mempunyai keamanan. Cara yang gamapn dari mengetahui situs yang aman adalah situs nya suah dikenal biasanya tidak main-main mengenai kepercayaan nya. Sebab sekali saja suatu situs dibobol pastinya akan meninggalkan rasa ketidakpercayaan. Tapi tidak menutup kemungkinan sebuah situs belanja online yang sudah lama juga kemungkinanan juga bisa saja tidak aman untuk kita.

Reputasi seller 
Seller yang abik biasnya punya reputasi yang juga baik. Hal seperti ini bisa dilihar dari berap bintang yang ida dapat. Atau berpa banya komentar posited dan testimony yang dilakukan. Untuk seller baru Anda bisa mengetes seller tersebut soal dagangannya. Mintta juga jaminana atas kualitas barang dan juga garansi nya. Lihat cara berkomunikasi. Seller yang baik pasti memasarkan produknya juga dnegan baik.

Melindungi data kartu kredit
Jika tidak yakin pada keamanan situs, jangan sembarang mengumbar data kartu kredit. Karena belum tentu semua situs e-commerce bekerja sama dengan alat pembayaran virtual seperti PayPal yang sudah teruji keamanan nya. Dengan PayPal, anda tidak perlu mengiki data kartu kredit setiap kali bertransaksi online. Jadi pastikan dulu situs e commercer yang kamu tuju teruji dari sisi keamanannya. Juga pastikan bahwa semya data yuang anda masukan dilindungi oleh enkripsi.

Transfer ke rekening bersama
Rekening bersama adalah faktor penting bagi situs jual-beli untuk dipercaya. Layanan ini ada untuk meminimalkan penipuan seller. Cara kerjanya, pembeli mentransfer uang pembelian ke rekening itu. Setelah barang diterima pembelru dengan baikm barulah uang itu diteruskan ke penjual. Berlaku sebaliknya jika barang tidak sesuai pembeli bisa meminta kembali aung tersebut. maka hindari transfer langsung ke seller meski diiming-imingi banyak hal seperti diskon. Sekalian juga menahan hawa nafsu belanja online yang serba mudah bisa kita lakukan via gawai dan juga aplikasi.

Tidak ada komentar