Breaking News

Membuat Kipas Angin AC Bebas Virus, Jamur dan Bakteri, Begini Caranya!


Memiliki perangkat pendingin ruangan adalah salah satu harapan masyarakat saat ini. Dengan semakin besarnya gejala global warming atau pemanasan global yang sedang melanda bumi membuat produk pendingin ruangan memang semakin banyak diminati. Salah satu produk pendingin ruangan yang saat ini sedang banyak diminati konsumen adalah kipas angin AC. Dengan banyak keunggulan yang dihadirkan memang membuat kipas angin AC lebih menarik untuk dimiliki selain perangkat lainnya. Seperti kita tahu bahwa produk pendingin ruangan ini ada banyak ragamnya. Selain kipas angin AC, kita mengenal produk air conditioner, air humidifier, air purifier dan juga kipas angin biasa. 

Meski banyak keunggulan yang ada pada kipas angin AC, perangkat ini juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah bisa mendatangkan virus, jamur, bakteri dan parasit penyebab penyakit lain. Tapi jangan kuatir, dengan penggunaan yang tepat maka Anda akan bisa membuat kipas angin AC Anda bebas virus, bakteri, jamur dan parasit penyebab penyakit lainnya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kipas angin AC terbebas dari virus, bakteri, jamur dan parasit penyebab penyakit.

Kipas Angin AC
1. Tempatkan di Ruang dengan Sirkulasi Udara yang Baik
Pertama, cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membuat kipas angin AC terbebas dari virus, bakteri, jamur dan parasit adalah dengan menempatkannya di ruang sirkulasi udara yang baik. Penyebab utama munculnya beberapa penyebab penyakit ini memang penempatan yang salah dari kipas angin AC. Tempat yang bisa mendatangkan virus, bakteri, jamur dan parasit ketika kipas angin AC dinyalakan terus-menerus adalah di ruang dengan sirkulasi udara yang buruk. Udara lembab dan basah yang dihembuskan kipas angin AC memang akan mudah memacu munculnya beberapa penyebab penyakit tadi bila kipas angin AC dinyalakan di ruang dengan sirkulasi buruk. Maka dari itu untuk menghindari hal ini maka Anda harus menempatkan dan menyalakan kipas angin AC ini di tempat atau ruang dengan sirkulasi udara yang baik.

2. Bersihkan Filter Secara Berkala
Berikutnya cara untuk membuat kipas angin AC terbebas dari virus, bakteri, jamur dan parasit adalah dengan membersihkan filter secara berkala. Seiring pemakaian kipas angin AC memang bisa membuat filter atau penyaring jadi kotor karena debu atau partikel udara lain yang mauk dalam perangkat. Nah jika hal ini sudah terjadi maka kotoran tersebut bisa saja kemudian membuat udara jadi bercampur dengan virus dan bakteri. Jika hal ini udah terjadi maka kesehatan Anda dan keluarga bisa terancam. Maka jika Anda merasa sudah lama tidak membersihkan filter kipas angin AC maka pastikan Anda untuk membersihkannya agar kipas angin AC terbebas dari debu dan kotoran penyebab munculnya virus dan bakteri. Jadi untuk menghindari kipas angin AC dari virus dan bakteri maka mau tak mau Anda memang harus membersihkan filter secara berkala atau rutin. Pembersihan filter ini sendiri harus dilakukan minimal dalam waktu 3 minggu sekali. 

3. Bersihkan Tangki Secara Rutin
Selanjutnya, cara untuk membuat kipas angin AC terbebas dari virus dan bakteri adalah dengan membersihkannya secara rutin. Selain filter, hal yang bila dibiarkan kebersihannya akan memunculkan bakeri dan virus adalah tangki. Tangki yang merupakan tempat penampungan air dingin memang harus sering dibersihkan. Sebab bisa saja air dingin yang dimasukkan membawa beberapa partikel dan debu. Dari partikel dan debu yang ada maka bila tidak dibersihkan bisa saja kemudian ikut terbawa keluar dan dihembuskan kipas angin AC. Dan partikel dan debu inilah yang dapat membawa virus dan bakteri yang merugikan kesehatan. Untuk menghindari hal ini maka mau tak mau Anda harus membersihkan tangki secara rutin. Dengan membersihkan tangki secara rutin maka Anda akan bisa meminimalisir munculnya virus dan bakteri yang keluar dari kipas angin AC saat dinyalakan.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membebaskan kipas angin AC dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Bila Anda adalah orang yang concern dengan kesehatan maka pastikan Anda melakukan beberapa hal di atas dengan sungguh-sungguh.

Tidak ada komentar