Breaking News

Kriteria Ciri-ciri Kalung Emas Asli


Kalung merupakan salah satu jenis perhiasan yang banyak disukai oleh perempuan. Berbagai macam model kalung di pasaran semakin menarik perhatian banyak wanita. Tentunya kalung emas menjadi prioritas mereka. Meskipun harganya sangat tinggi, namun bagi orang yang senang berinvestasi dengan perhiasan, maka hal tersebut tak menjadi masalah. Kalung model terbaru yang sedang banyak diminati antara lain kalung motif bunga, kalung love, kalung batu akik, kalung berlian dengan emas, kalung batu, kalung dengan nama, kalung mutiara dan masih banyak lagi.

Secara umum perhiasan merupakan sebuah aksesoris yang berfungsi sebagai pelengkap, baik dari segi fashion maupun segi feminin nya seorang perempuan. Perhiasan dibuat dengan logam perak ataupun emas. Untuk perhiasan emas, ada dua jenis emas yaitu emas kuning dan juga emas putih. Emas murni standarnya memiliki warna kuning yang mengkilat. Bentuknya lebih keras jika dibandingkan dengan timah. Itu sebabnya emas murni sangat jarang dijadikan perhiasan. Untuk menjadikan emas murni menjadi perhiasan, biasanya akan ditambahkan logam-logam lainnya yang tak mengurangi kilau emas tersebut, seperti, palladium, perak, tembaga, zinc dan nickel.
Kalung Emas Asli. (foto: bukalapak.com)
Jika berbicara mengenai emas maka istilah karat sudah sangat erat didengar. Karat sebagai bentuk ukuran tingkat kemurnian sebuah emas. 24 karat dijadikan sebagai patokan ukuran kemurnian emas tertinggi dan paling bagus. Emas kuning merupakan campuran antara emas murni dengan perak. Jika Anda menemui emas putih itu berarti campuran antara emas murni dengan nickel. Atau juga bisa campuran antara emas murni dengan palladium. Namun biasanya akan sangat mahal. Sehingga umumnya palladium dijadikan perhiasan dengan logam tunggal dan bukan campuran.

Dalam membeli emas, seringkali Anda merasa ragu akan keaslian emas tersebut. Memang sebaiknya Anda tak hanya percaya pada kata-kata penjualnya saja. Anda bisa mencoba membuktikannya sendiri. Berikut ciri-ciri emas asli termasuk kalung emas asli:

  • Lihat secara seksama pada bagian fisik emas tersebut. Pada fisiknya, Anda akan menemukan tulisan ataupun tanda cap yang menyebutkan ukuran kadar emas tersebut. Jika kesulitan melihat dengan mata telanjang, Anda dapat menggunakan alat bantu kaca pembesar agar dapat melihat lebih detail.
  • Menggigit emas adalah cara ampuh juga untuk membuktikan emas tersebut asli atau tidak. Jika setelah digigit, pada emas timbul bekas gigitan, maka bisa dipastikan emas tersebut asli. Sebaliknya, jika tidak timbul bekas gigitan maka emas tersebut palsu.
  • Menguji emas dengan magnet. Mendeteksi emas palsu atau asli dengan magnet sebenarnya kurang efektif. Karena emas sendiri tidak memiliki kandungan logam banyak, sehingga ketika ada magnet di dekatkan emas tidak bisa langsung merespon dan tertarik pada magnet. Sehingga jika ada emas yang di dekatkan dengan magnet langsung menempel, maka emas tersebut adalah palsu.
  • Gores kan emas pada keramik atau kertas. Jika hasil goresan tersebut meninggalkan noda hitam, maka emas tersebut palsu.

Itulah ciri-ciri emas asli. Semoga dapat menambah referensi dan pengetahuan Anda. Kalung merupakan perhiasan yang digunakan pada leher. Dengan menggunakan kalung emas, maka tampilan seorang wanita akan terlihat semakin cantik, elegan dan anggun. Itu sebabnya bila Anda ingin terlihat feminim dan cantik, Anda bisa menggunakan kalung sebagai aksesoris. Dalam menggunakan perhiasan pun sebaiknya Anda menggunakan yang asli. Karena emas asli umumnya aman dikulit penggunanya. Terutama bagi Anda yang memiliki sensitifitas tinggi terhadap logam alias alergi, Anda sebaiknya menggunakan emas, tentunya emas asli.

Tidak ada komentar